×
Alasan website turun ranking dan penanganannya

Peringkat SEO adalah hal yang paling krusial dalam perkembangan bisnis kamu, terlebih lagi money site, apa itu money site ? moneysite adalah website yang memang dirancang  untuk mendatangkan uang bagi bisnis kamu, maka penurunan SEO moneysite rawan  menjadi kelesuan pemasukan bisnis.


Sederhananya, para user yang bisa membeli produk kamu melalui website, tentunya  karena website kamu mudah didapatkan dari pencarian internet, dalam hal ini mesin pencari bernama google, analoginya seperti kamu memiliki toko fisik yang strategis, mudah dijangkau oleh pelanggan.


Sayangnya dalam dunia digital, 'tempat strategis' tersebut sangatlah dinamis, kamu bisa menempati tempat idaman tersebut, namun jika tidak konsisten mempertahankan dengan  gigih, maka pebisnis lain dengan kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni bisa menggeser kamu, lalu kenapa website bisa turun rank ?


Penyebab dan antisipasi website turun rank 


Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa website kamu bisa turun, salah satunya karena penurunan pengunjung, sehingga traffic terhadap website kamu tidak lagi 

ramai, dan google bot tidak menganggap website kamu berkualitas, apa itu saja ?.


1. Konten tidak menarik 


Masih berkaitan dengan tulisan diatas, jika konten kamu tidak lagi menarik, atau asal-asalan, tentu pengunjung mulai enggan berlama-lama di website kamu, sehingga pengunjung menjadi berkurang, cara mengantisipasinya adalah bisa memantau di google search console, adakah query baru yang mengarah ke website kamu, atau bisa juga memantai dengan histats.


2. Load website lama 


Pastikan website ter load dengan baik, tes kecepatan load website kamu dengan pagespeed.web.dev, agar memastikan website masuk dalam standar speed load google, dan pastikan website kamu, hanya me load dan memasang plugins maupun script-script tertentu saja.


3. Check Error Page 


Pertama, pastikan website kamu sudah terdaftar di google webmasters, sehingga termonitor juga di google search console, dan dari panel search console tersebut, kamu akan dapat notifikasi apabila error page di website kamu, sehingga kamu tau, kalau error tersebut mengganggu google bot. 


4. Backlink berkualitas 


Lebih baik tidak ada backlink, dari pada ada backlink tapi dari website terlarang, seperti forum xxx, antisipasinya adalah, lagi-lagi kamu harus terus menerus memantau di google search console, cek Links di sidebar, lihat sebelah pojok kanan atas, lalu klik Export External Links, apakah ada backlink jahat ke website kamu ?


Antisipasinya adalah, kamu bisa membeli backlink berkualitas, seperti dari website dengan PA ataupun DA tinggi, yang memberi kontribusi positif ke website kamu, selengkapnya kamu bisa baca postingan sebelum ini Memperbaiki SEO Website.


5. Algoritma Mesin Pencari 


9 dari 10 Optimizer, bahkan pelaku SEO, masih mempercayakan Google dan mentargetkan google sebagai acuan utama, maka kamu harus baca informasi terbaru mengenai algoritma mesin pencari google, karena dari algoritma ini yang sering menjadi masalah turunnya SEO, lakukan audit SEO terhadap website kamu, salah satu tools recommended adalah, semrush.


Penanganan SEO website yang turun 


Seandainya saja, website kamu memang sudah turun rank SEO nya, tentu kamu butuh mengatasi supaya website kamu naik, selain mempercayakan pada jasa seo atau digital marketing agency, kalau kamu punya effort, kamu bisa ikuti cara-cara ini.


1. Konten 


Pernah dengar pepatah, old keys never open new door ? yap tentu berlaku juga untuk SEO, terlebih algoritma google yang sering berubah-ubah, kalau sebelumnya kamu menggunakan formula AIDA copywriting, selanjutnya kamu bisa mencoba beberapa variasi lainnya, seperti 4 C, yaitu Clear, Concise, Compelling dan Credible, ataupun menggunakan formula lainnya.


Supaya konten kamu lebih menarik dan mendapatkan visitor baru dan user retention, ada baiknya konten kamu bisa di konversi ke platform lain, misal tiktok ataupun linkedin bahkan sosmed lainnya, karena traffic dari situs-situs tersebut cukup untuk menunjang website kamu lagi.


2. Ads Traffic


Kamu bisa menggunakan google ads dengan Traffic Goals, supaya menunjang kembali website kamu yang turun, selain itu kamu bisa coba targetkan goals lain seperti brand awareness maupun display, agar performa website kamu kembali.


3. Backlink


Saat kamu merasa mendapatkan backlink yang merusak website kamu, kamu bisa mencari backlink dari situs-situs besar, misalkan kamu membeli publikasi dari sebuah situs media, tentunya kamu harus meminta website tersebut memberikan link ke website kamu, supaya menambah perbendaharaan backlink website kamu.


Ada baiknya kamu juga merencanakan penggunaan backlink pyramid, maupun private blog network, tentunya pada provider yang terpercaya, ingat provider pbn terbaik belum tentu yang memiliki SEO bagus, karena provider pbn yang baik adalah yang me maintain pbn nya.


SEO website adalah salah satu pekerjaan yang cukup memusingkan, bahkan di masa sekarang, perusahaan-perusahaan memiliki squad digital marketing yang biasanya juga menguasai teknik SEO, untuk perusahaan skala kecil hingga menengah hingga besar, akan lebih baik jika mempercayakan pekerjaan SEO dan digital marketingnya pada vendor yang sudah teruji.

×

Notice!!

Gunakan kode p4hl4w4n pada chat Whatsapp agar mendapatkan promo diskon 10% untuk pembuatan website, dan 5% untuk diskon digital campaign