×
Cara belajar pemrograman

Pemrograman komputer adalah seni berbicara dan melakukan perintah terhadap perangkat canggih yang disebut komputer, tentunya terdapat beberapa keahlian dasar yang wajib dikuasai untuk memulai langkah belajar pemrograman, artikel ini bisa saja untuk calon mahasiswa Ilmu Komputer atau seseorang yang tertarik mempelajarinya.

Pemrograman komputer di masa sekarang, relatif mudah dipelajari, karena semakin banyak tutorial gratis yang bertebaran di internet, baik itu berupa teks bahkan video tutorial, baik yang konseptual ataupun yang kontekstual, tak ketinggalan juga yang terdapat studi kasusnya, lalu apa sajakah cara yang mempelajari pemrograman komputer ?


1. Tujuan

Pastikan Teman Creativauz tau tujuan mempelajari pemrograman, apakah rasa penasaran saja ? jika iya, pastikan orientasi anda kemana, apakah di website ? ataukah mengenal sistem seperti kernel ? atau mungkin dalam lingkup desktop ? ataukah pembelajaran Sistem (machine learning) ? atau mungkin sebagai Ilmu Data (Data Science) ?

Karena jika sudah mengetahui, tentu Teman Creativauz akan mendapat pilihan apa saja bahasa pemrograman yang akan diawali, saran dari Creativauz sih paling ideal mempelajari UI dan UX dasar diawal seperti html,css dan javascript, terkhusus javascript di lingkup web dan desktop ini akan banyak memberi pengaruh.


2. Asah Logika

Logika adalah fundamental mempelajari sesuatu, tidak hanya pemrograman, bahkan para pakar elektronik dan mesin pun mempelajarinya, sehingga perkuat skill Matematika kamu ya, seperti aljabar, matematika diskrit, relasi, dan lain-lain, sampai artikel ini ditulis, khusus bagi yang ingin mempelajari kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin, diwajibkan sampai tahap kalkulus.


3. Pilih Satu dan Tekuni

Bagi yang baru mempelajari pemrograman dan langsung mempraktekkan, rasanya sangat fun, sehingga perasaan mempelajari banyak hal di sub-bidang ini akan sangat menantang, tapi percayalah, hal ini justru menghambat perjalanan belajarmu.

Cara terbaik adalah pilih satu dan tekuni, cari tutorial yang pas dan pelajari lalu praktekkan, pahami caranya, jika masih ada yang kurang paham, hubungi pembuat tutorialnya, atau bisa bawa ke forum diskusi, cari teman,cari komunitas, kalau perlu cari guru, terus pelajari secara tekun.


4. Jangan Copy Paste 

Dalam belajar pemrograman, pengalaman menulis kode adalah hal yang terpenting, sama halnya seperti seseorang belajar bela diri, meskipun sering melihat gerakan action di film atau gerakan orang lain, tanpa mempraktekannya, mustahil bisa menguasai jurus bela diri, berlaku juga di pemrograman, tanamkan sejak awal, jangan pernah copy paste, meskipun mencontek kode, tidak diharamkan bagimu, selama kamu tau apa maksud kode yang kamu copas, dan kamu juga mempelajarinya.


5. Baca dokumentasi 

Ini adalah yang paling krusial, sehingga kamu bisa mengenali fungsi apa saja yang disediakan oleh bahasa pemrograman yang sedang kamu pelajari, bahkan membaca dokumentasi pun ada caranya tersendiri (di lain kesempatan akan Creativauz tulis), maka di sinilah pentingnya kamu punya komunitas untuk saling belajar.

Karena dengan dokumentasi, 43% permasalahan dalam pemrogramanmu akan terselesaikan, ini sesuai pengalaman penulis, baik di saat masih tahap belajar ataupun yang sudah di taraf profesional, dokumentasi sangat membantu menyelesaikan masalah.


Begitu banyak bahasa pemrograman yang hampir setiap tahunnya perlahan ditinggalkan atau mulai timbul baru atau versi-versi barunya, berdasar pengalaman penulis, tidak ada bahasa pemrograman yang buruk  atau yang paling baik, karena semua sesuai porsinya, Php tidak bisa dikatakan lebih baik atau lebih buruk dari Asp, begitupun dengan Python vs Java, semua tergantung dimana pemrograman itu di implementasi kan.(Creativauz)

×

Notice!!

Gunakan kode p4hl4w4n pada chat Whatsapp agar mendapatkan promo diskon 10% untuk pembuatan website, dan 5% untuk diskon digital campaign