×
Pengenalan SEO On Page, beserta tips dan cara mempraktekannya.

Pengertian SEO On Page 

Apakah yang dimaksud dengan SEO on page ?  Seo on page adalah on site SEO yang sebenarnya optimasi terhadap halaman website guna meraih peringkat tinggi, dengan cara salah satunya mendapat traffic organic di search engine atau mesin pencarian, dalam hal ini google ataupun bing.


Dengan cara utamanya adalah mengisi konten yang bermanfaat agar memiliki kualitas, karena robot google pun juga dapat mengenali, mana konten yang bermanfaat mana yang tidak, kelengkapan lainnya pun menjadi perhitungan, seperti judul konten, meta tag, link internal, URL, deskripsi gambar, dan gambar sebagai ilustrasinya, konten yang menarik tentu akan membuat pengunjung anda kerasan berlama-lama di website anda dan dikenali sebagai situs terbaik dan akan secara otomatis di rekomendasi oleh google bot.


Bagi anda yang baru saja mendengar istilah on page, tentu diselimuti rasa penasaran dan ingin tau bagaiman seo on page, creativauz menyarankan untuk membaca detailnya di On-Page Ranking Factors, karena SEO on page terus berubah secara dinamis,jadinya wajib untuk mengupdate pengetahuan seo on page.


Pentingkah SEO On Page ?

Sangatlah penting SEO on page bagi website anda, karena akan membuat mesin pencari merekomendasikan website anda pada penggunanya, sebagai konten atas website anda, dan mengenali secara otomatis apakah relevan dengan query pencarian, semakin lama search engine semakin canggih, maka fokus terbesar adalah dengen semantik dan relevansi hasil pencarian yaitu SERP.


Dalam praktik pemasaran digital, yang berujung mengenalkan website anda dan mencari pelanggan, optimasi SEO on page amatlah terpenting, meski anda memakai teknik SEO off page, hasilnya tidak akan sempurna, apabila SEO On page anda tidak bekerja dengan baik, karena baik SEO On Page ataupun Off Page, akan memberikan hasil maksimal.


Mempraktekkan SEO On Page 

Pengetahuan akan SEO On Page sangatlah penting dan wajib dikuasai bagi anda praktisi SEO, selain berguna untuk optimasi konten website anda, cara yang terbaik untuk seo on page adalah :


A. Kualitas Konten 

Google search tepatnya robots google akan memahami konten anda secara keseluruhan yang selanjutnya akan memberikan kepada penggunanya, mana situs yang bermanfaat, apakah situs anda salah satunya? Jika iya, tentu kualitas konten anda akan mendatangkan pengunjung dan bisa saja, keuntungan.


Poin-poinnya adalah, apakah informasi yang website anda sajikan akurat dan terpercaya ?, apakah ada relevansi konten anda dengan niche website anda ? apakah kontennya orisinil ataukah plagiat? apakah dibuat sendiri atau mengkopi ataukah dibuat secara otomatis dengan tools seo? di lain hal, apakah memiliki unique dari gaya penulisan dan kualitasnya ? berharga kah menarik kah ?.


Banyak sekali parameter yang menjadi pertimbangan secara otomatis bagi machine learning dari google bot itu sendiri, adalah EAT atau Expertise, Authoritativeness juga Trustworthiness yang menjadi kerangka acuan atau framework bagi penilaian google untuk menilai konten, halaman web bahkan keseluruhan dari web untuk di tampilkan pada pengguna mesin pencari.


Kualitas konten adalah standar utama bagi Google, karena google hanya akan menampilkan situs dengan kualitas konten maksimal, maka penghargaan dari google adalah peringkat terbaik, sedangkan situs dengan kualitas rendah,tidak akan mendapat value dari google, sehingga perhatikan lagi EAT tersebut apabila anda sedang mengoptimasi situs anda.


B. Judul konten menarik

Judul dan deskripsi konten adalah backbone atau tulang belakang dari konten yang anda buat, sehingga menentukan seberapa besar website anda akan dikenal search engine, karena saat pengguna google mengetikkan kata untuk pencarian, maka dari sinilah konten anda ditampilkan, yaitu SERP atau Search Engine Result Page.


Lupakan judul clickbait, Machine Learning Google kini lebih hebat, menentukan judul konten yang benar menjual ataukah sekedar clickbait, Tag HTML dari blog atau artikel yang anda buat akan muncul di head dan mengenali meta tag nya, karena ini adalah topik utama dari halaman yang akan anda optimasi, biasanya CMS seperti wordpress akan memberikan Tag H1 di judul postingan artile anda.


Setelah membuat konten, pastikan lagi agar tidak ada yang error dari website anda, karena apabila ada error lalu hilang, terjadi duplikasi dan konten yang tertulis dengan tampilan yang acak adutakan merusak SEO anda, dan elemen html yang seperti ini akan dianggap cacat dan tidak baik oleh google, jadi pastikan lagi relevansi konten, judul,deskripsi dan tag.


C. Meta Description

Ini adalah meta tag yang mendeskripsikan dari halaman yang akan anda optimasi, dalam hal ini per kontennya, dalam SERP di bawah judul halaman, inilah yang cukup sering ditampilkan di hasil pencarian google, maka dari itu, pertimbangan meta desc untuk optimasi SEO anda.


Karena dampaknya akan sangat signifikan, yaitu CTR atau rasio klik tayang, Kualitas hasil, sampai persepti mengenai konten utama di situs website anda.


D. Heading Subheading

Elemen HTML dari H1 hingga H6 adalah identifikator dari judul ataupun sub judul dari konten anda, seperti teks dalam paragrafnya, biasanya tag ini hanya berperan sebagai penunjang untuk fungsi bagi SEO anda, karena sedikitnya akan menjadi pengaruh terhadap konten yang menarik dibaca pengunjung, serta konteks yang kaya manfaat dari kata kunci konten yang ditampilkan mesin pencari.


E. Gaya Penulisan 

Disinilah mengapa dibutuhkan SEO Conten Writer yang berguna untuk menulis konten website dengan output yang gunanya optimasi situs anda, terdapat strategi SEO content writting yang diantaranya dapat keyword dan produksi konten yang berkualitas tinggi, yaitu adalah konten edukasi, dan struktur konten yang di tulis oleh website.


F. Image SEO 

Gambar yang anda buat, bisa saja menjadi optimasi guna memperkaya SEO website anda agar lebih menjual, karena biasanya user juga akan mencari gambar dengan kata kunci tertentu, pastinyajika google menampilkan gambar atau ilustrasi dari konten yang anda positng, akan menambah nilai plus bukan.


Hal ini akan menjadi aset bagi website anda, karena menambah peluang munculnya website anda di hasil penelusuran google, gunakan judul deskripsi gambar dan alt text untuk gambar yang anda posting.


G. Evaluasi 

Umumnya, konten kreator, ataupun content writer sebuah website, seringkali lupa mengecek kembali konten yang pernah dibuat, apakah masih 'menjual' ataukah malah menimbulkan kesalahan ? pastinya evaluasi konten adalah langkah terbaik guna menjaga konten anda tetap berkualitas.


Caranya adalah, mencari ROI nya (cocokkan dengan google search console) identifikasi juga,apakah masih akurat ataukah malah ketinggalan jaman.


Summary

SEO On Page sangatlah penting,bahkan selalu digunakan oleh para Jasa SEO ataupun agency digital marketing manapun sehingga anda harus melakukan ini terlebih dahulu sebelum melakukan SEO Off page, bisa juga bersamaan, dengan catatan, bila SEO on page anda telah mendapatkan hasil di pencarian google, ukur terus melalui google search console ataupun google analytics.(Creativauz)

×

Notice!!

Gunakan kode p4hl4w4n pada chat Whatsapp agar mendapatkan promo diskon 10% untuk pembuatan website, dan 5% untuk diskon digital campaign