08119511789
Algoritma Google Terbaru

Algoritma Google Terbaru

Bagi kamu praktisi SEO atau yang sering menjalankan jasa SEO, pasti tidak asing dengan Algoritma Google yang mood swing seperti cewe, hehe, canda cewe, sebenarnya tujuan update algoritma google ini untuk peningkatan kualitas dan experience dari pengguna.

Tentunya, dengan mengetahui update algortima google ini untuk menentukan strategi SEO kamu, karena kalau kudet ama algoritma google ini, risikonya bisa bikin website kamu turun, makanya dengan baca artikel ini, diharapkan kamu akan tahu updatenya dan apa saja algoritma google.

Buat yang belum tau, algortima google adalah rank sistem yang diciptakan google, guna memilah tampilan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang diketik oleh user.

Artinya, ini semacam peraturan yang dibuat google kalau mau website kamu muncul di hasil pencarian teratas dari user yang cari dengan kata kunci yang relevan di website kamu, tentunya kalau website kamu sesuai aturan algoritma google, maka kamu bisa berhasil muncul di google.

Sayangnya google ini sering banget update algoritma, biasanya update ini terjadi karena buat memperkuat algoritma sebelum-belumnya, jadi, ikuti terus updatenya, dan baca artikel ini sampai tuntas

1. Algoritma Product Reviews

2. Core Update

3. Link Spam

4. Snippet Decluttered

5. Bert

6. Rank Brain


Algortima Product Reviews
Dikutip dari Google Search Central Blog, update algortima ini khusus untuk algortima pencarian terhadap website yang me-review suatu produk yang berguna bagi pengguna mesin pencari.

Review yang ditulis disuatu website harus jelas dengan contoh hasil reviewnya, seperti saat mengulas produk smartphone, akan lebih baik juga menampilkan link youtube reviewnya, jika tidak, harus banyak screenshot yang relevan dan tabel keluaran produk.

Yang harus kamu lakukan saat di website me-review suatu produk dan agar website kamu terbaca oleh mesin pencari, dan ranking website tetap terjaga, cara pertama adalah pakaikan shortcuts di website kamu, selanjutnya jelaskan manfaat produk, lalu kasih perbandingan dengan produk lain, baik segi harga, kualitas, spesifikasi, garansi dan lain-lain, yang paling terakhir, kelebihan dan kekurangan produk yang kamu ulas,

Pokoknya, website ulasan yang kamu buat, harus selengkap mungkin, seperti saat kamu jualan barang pribadimu, kasih juga link dari beberapa penjual seolah pembeli bisa melihat penawaran dari website kamu.

Core Update
Peningkatan algoritma terus dilakukan untuk perbaikan pencarian google, algoritma jenis core update adalah update-an yang terus menerus sebagai inti pencariannya.

Sekali ada update, biasanya berdampak di website umumnya, contoh pada November 2021 lalu, dimana website besar dengan informasi lengkap seperti Yelp, Wikihow semakin menanjak, berbeda seperti digg bahkan mediium sempat mengalami penurunan sejenak,



Beberapa ahli SEO juga menyebutkan bahwa update ini terjadi sejak Agustus 2018, bersamaan dengan menaiknya website-website online medic, yang berisikan tentang kesehatan keselamatan bahkan industri keuangan, btw ini sebelum pandemi loh, apa jangan-jangan udah disiapkan karena mau 'direncanakan' pandemi ? hehehe, canda

Cara menangani algoitma ini sih umum saja ya, dari twit screenshot tersebut coba kita rangkum panduan kriteria untuk mengikuti aturan main ini. Yang paling penting adalah informasi yang orisinil dan mendetail, lalu jangan lupakan sumber yang akurat sesuai fakta, mobile friendly ini paling penting, dan kalau ada iklan, pastikan rapih tertata.


Link dan Spam Update
Masih dari Google Search Central Blog, per 26 Juli 2021 lalu, peraturan baru ini dibuat untuk mengklasifikasi link outbound bukanlah sebuah spam, namun memang bertujuan iklan yaitu dengan menambahkan atribut rel="sponsored", karena sejak per tanggal rilis tersebut, google menganggap link jumlah banyak sebagai spam.

contoh lengkapnya adalah Contoh outbound.


Sedangkan pada Juni 2021, google memberlakukan peraturan spam update, dimana jika terlalu banyak link mengarah ke situs kamu, biasanya dari situs kualitas low traffic atau situs yang dilarang, cukup bermanfaat juga supaya kalau situs kamu dikerjai orang supaya tidak anjlok, tapi jika memang kamu sedang bikin seo piramid, kamu butuh tools disavow dari google search console.



Snippet Decluttered
Pada 22 Januari 2020 lalu, peraturan mengenai 0 page position dibuat, yaitu jika website tanpa  feature snippet decluttered akan satu kali saja ditampilkan di pencarian, ya di 0 position itu saja, tapi kalau memakai snippet, jika memang berkualitas, akan ditampilkan 2x yang di 0 position (jika memang tercapai) dan di posisi ke 5 atau ke 10 dalam 1 halaman tersebut (jika memang layak).

Tipsnya, kalau kamu pakai ahrefs, kamu bisa riset keyword yang potensial buat website kamu, atau kamu bisa cek apakah di kompetitor juga pakai cara yang sama.

BERT
BERT atau Bidirectional Encoder Representations from Transformers, berkaitan dengan teknologi voice search assistant, yang kini mulai marak dipakai di hampir semua smartphone, algoritma ini dibuat guna menangkap percakapan melalui suara.

Dengan ini google mengklaim yaitu 1 dari 10 pencarian menghasilkan relevansi untuk pengguna setelah memakai algoritma ini, sederhananya begini saat kamu search dengan voice di smartphone dengan kalimat "traveling agent to Turkey", maka hasil pencarian akan menampilkan beberapa website travel agent dan harga juga syarat ngurus visa ke Turki.

Tadinya BERT hanya mengenali bahasa Inggris saja, tapi sejak 9 Desember bertambah menjadi 70 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Rank Brain
Algoritma terbaru yang memakai machine learning, berbeda dengan pendahulunya, hummingbird, panda, penguin, pirate dan lain-lain, dengan hasil dari kueri pencarian ini menampilkan beberapa website yang relevan dan aman bagi user.

Yang menjadi parameter adalah usia domain, optimasi keyword, struktur website, sehingga jika selama ini cara SEO kamu sudah menarik, tentu rank web kamu akan aman.

Kurang lebih seperti itulah algortima google yang berhasil di rangkum, sebenarnya banyak lagi sih, seperti knowledge graph, domain crowding, page layout, in the news box, Fred, Google jobs, tapi kita tidak rangkum detail, karena telah menjadi standar SEO umumnya, kalau saja kamu bisa memenuhi syarat SEO yang pernah saya tulis, kemungkinan kamu akan dapat rank, asal konsisten.(Creativaz)

Share This

Comments